RSS Feed

Rabu, 29 Februari 2012

Resume JARKOM - Pertemuan 1

Pengertian :
 
Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi sehingga dapat berbagi informasi, aplikasi dan perangkat keras secara bersamaan.


Tujuan membangun Jaringan Komputer sendiri adalah membawa informasi secara tepat tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim maupun penerima melalui media komunikasi.



Manfaat penerapan Jaringan Komputer dibandingkan dengan Komputer yang berdiri sendiri :
1. Resource sharing yang bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan.

2. Saving Money (Penghematan uang/anggaran): Perangkat dan data yang dapat dishare akan membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang ditiap-tiap unit komputer

3. High reliability (kehandalan tinggi): Sistem Informasi Manajemen Kantor Terpadu atau Sistem Pelayanan Satu Atap dengan teknologi client-server, internet maupun intranet dapat diterapkan pada jaringan komputer, sehingga dapat memberikan pelayanan yang handal, cepat dan akurat sesuai kebutuhan dan harapan.


TOPOLOGI JARINGAN




 PROTOKOL
    Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya proses pengiriman data, pesan, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh pengirim dan penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar.

0 komentar:

Posting Komentar